Artikel

Info Terbaru Tentang Properti

7 ALASAN MENGAPA MILLENIAL HARUS BELI PROPERTY

Beli Properti

Survey oleh rumah123.com bekerjasama dengan karir.com menghasilkan kesimpulan bahwa hanya sekitar 5% millennial yang berpeluang membeli rumah, 95% lainnya terancam tidak memiliki rumah. Selain faktor tingkat pendapatan yang tidak berbanding lurus dengan kenaikan harga rumah, alokasi pendapatan juga menjadi masalah. Generasi millenial lebih memilih mengalokasikan uang yang dimiliki untuk bertualang daripada membeli asset / property.

Padahal, ada banyak manfaat dari memiliki property yang tidak kalah mengasikkan di banding pergi bertualang. Berikut adalah 7 alasan mengapa millennial harus membeli property di masa mudanya.

  1. Kesempatan Investasi

Investasi itu secara sederhana artinya Anda mengembangkan nilai uang Anda walau Anda tidak melakukan banyak hal atasnya. Sebuah property akan tergolong investasi jika Anda tidak butuh mengalokasikan banyak waktu untuk mengurusinya. Bila sampai harus mengalokasikan banyak waktu, bukan investasi, tapi bisnis.
 
Di Indonesia, tingkat Inflasi cukup tinggi bila di bandingkan negara lain. Jika tahun ini tingkat inflasi 5%, artinya harga property Anda minimal bertumbuh 5% dibanding tahun lalu. Tingkat kenaikan ini bisa lebih tinggi lagi bila di sekitar property tersebut ada rencana pengembangan, misal akan di bangun mall, rumah sakit, pusat bisnis, kenaikan harganya akan berkali kali lipat dalam sekejap.
 
Tidak enak dibaca tapi ini sebuah kenyataan bahwa sekadar jadi karyawan kelas bawah dan menengah pendapatan Anda tidak akan bisa mengejar pertumbuhan yang di buat oleh property Anda dalam jangka panjang. Misal saja Anda kerja 20 tahun dengan kenaikan penghasilan 10% setiap tahun, ternyata hanya berhasil menyimpan uang 1 Milyar. Property yang 20 tahun lalu Anda beli seharga 750 juta, dalam waktu 20 tahun sudah tumbuh menjadi 1,95 Milyar dengan tingkat kenaikan yang sama. Sambil tidur pun property Anda bisa menghasilkan uang untuk Anda.
 

  1. Menabung

Dengan membeli sebuah property baik itu secara cash ataupun kredit Anda dipaksa untuk menyisihkan uang untuk disimpan. Berencana membeli secara cash artinya Anda mesti sabar tidak langsung memiliki property itu karena harus mengumpulkan uang dulu dalam waktu tertentu sampai cukup jumlahnya untuk melunasi pembelian. Sementara membeli secara kredit, Anda bisa lebih cepat memiliki unit yang diinginkan, walau belum punya uang yang cukup saat itu.
 
Kredit menjadi leverage bagi Anda. Hanya dengan memiliki uang 10% pun sudah bisa punya property idaman. Kadang pun ada developer yang berani membuat program heboh, cukup 5 juta sudah bisa punya rumah. Developer menanggung selisih DP yang di perlukan. Diskon bagi Anda di jadikan sebagai tambahan DP.
 
Dengan membeli Property kini Anda jadi harus menyisihkan sejumlah uang, tidak lagi bisa memakai uang sampai habis untuk hal yang tak jelas juntrungannya. Di masa kini mungkin sedikit berat karena Anda harus kehilangan beberapa kesenangan, tapi di masa depan, semua terbayar, Anda tidak lagi harus menyewa untuk bisa tinggal di sebuah rumah yang nyaman.

  1. Pendapatan Sewa

Bila saat ini Anda tinggal di rumah orang tua atau mertua, punya rumah sendiri tetap tidak akan jelek karena Anda jadi bisa punya kesempatan mendapatkan pendapatan tambahan. Property Anda bisa disewakan. Atau sebaliknya, bila suatu saat harus pindah dari rumah orang tua, Anda sudah hemat uang sewa yang semestinya dibayarkan kepada pemilik rumah yang disewa. Anda jadi bisa mengalokasikan dana sewa itu untuk hal lain yang Anda butuhkan, apakah untuk tambahan modal bisnis atau pergi liburan. Anda jadi bisa bersenang – senang tanpa harus mengganggu arus kas yang sudah ada saat ini.
 
Bila property Anda di lokasi premium, nilai sewa yang bisa anda dapatkan setiap tahun bisa jadi melampaui nilai pendapatan aktif Anda dari kerja saat ini. Banyak yang bersedia membayar lebih bila property tersebut di lokasi yang memiliki nilai bisnis dan prestise yang tinggi.

Dijual Townhouse Sungai Sahang Area Demang Lebar Daun Palembang

  1. Sarana Kreativitas

Dengan punya property sendiri Anda bisa memiliki kesempatan mendesign property idaman Anda. Anda jadi benar punya kesempatan nyata mewujudkan bentuk dan gaya property yang Anda anggap bagus. Apapun kata Anda benarlah itu. Bagi Anda gaya minimalis lebih oke dari classic, baguslah itu, tak ada yang bisa mencampuri keputusan Anda atas property yang benar milik Anda.
 
Bayangkan bila Anda hanya menyewa, Anda tidak bisa merubah gaya rumah sewaan sesuai keinginan Anda tanpa persetujuan pemilik. Anda terikat pada aturan dan pasal dalam kontrak yang biasanya melarang penyewa untuk merubah secara extreme tampak dan interior rumah.
 

  1. Bebas Dan Mandiri Secara Penuh

Saat Anda sudah lepas utuh dari dukungan orang tua dan saudara secara ekonomi, saat itulah Anda baru bisa mendapat kebebasan dan kemandirian secara penuh atas hidup Anda sendiri. Anda jadi bisa lebih bebas mengekpresikan hidup dan pandangan Anda. Bila masih mengikut ke orang, apa yang baik bagi Anda belum tentu dipandang baik dimata mereka, dan Anda harus mengalah.
 
Ada banyak orang yang sudah usia diatas 30 pun masih tinggal  di rumah orang tuanya, tidak mencoba memiliki rumah sendiri satu pun. Padahal, bila belum mampu membeli secara tunai bisa dengan kredit. Tidak bisa beli yang mewah, yang sederhana pun cukup. Seringkali saat mampu tidak membeli satupun, ternyata roda kehidupan berubah dan kemampuan itu hilang, menyesal di belakang.
 

  1. Mengelola Keuangan

Saat Anda sudah membeli sebuah property, mau tak mau Anda akan belajar disiplin dalam menggunakan setiap pendapatan yang masuk agar property Anda tidak gagal bayar. Semangat berurusan dengan bank adalah untuk menang dan menyelesaikan kredit hingga tuntas. Gagal bayar setengah jalan bisa membuat semua yang sudah Anda bayar hilang tak berbekas.
 
Anda akan terbangun dari pemborosan yang selama ini Anda lakukan. Anda jadi tahu bahwa ternyata ada banyak sekali hal yang bisa Anda hemat selama ini, yang bila tidak Anda beli atau belanjakan pun tidak apa apa. Walau terlambat, tapi lebih baik sadar sekarang daripada tidak sempat menyadari kesalahan yang dilakukan bertahun tahun, dan parahnya tidak sempat bertobat sampai waktunya habis dan tidak ada kesempatan lagi saat itu.
 

  1. Pensiun Terjamin

Percaya tak percaya, ada banyak orang di luar sana yang kerja puluhan tahun tapi terakhir ketika sudah mencapai usia di atas 60 tahun baru menyadari bahwa dirinya belum punya rumah. Selama ini tinggal di rumah yang disewa tahun ke tahun. Bila di hitung, bisa – bisa total nilai sewa yang dibayarkan selama puluhan tahun mencapai harga beli 2 rumah sederhana malah.
 
Angka tidak pernah bohong. Menghabiskan semua kesenangan di muka membuat kita beresiko kehabisan kesenangan di belakang. Tak ada yang mau untuk susah hidupnya di masa tua, tapi sayangnya hanya sebagian yang bersedia menyiapkan jalan bagi kemudahan di masa tua dari masa muda. Memberanikan diri mengambil kredit dari sekarang adalah langkah awal membangun pensiun yang terjamin.
 
Tips yang mungkin berguna bagi anda, bila ini kredit pertama, ambil kredit dengan tenor (masa pinjaman) terpanjang yang di-izinkan bila anda belum terlalu percaya diri. Tenor panjang akan membuat nilai agar angsuran tidak terlalu besar. Beli rumah yang nilai angsuran nya 1/3 dari nilai pendapatan Anda. Jangan menjadi takut dengan jangka kredit yang panjang yang mesti anda cicil. Tenor panjang itu untuk Anda mengambil nafas dan menantikan momentum pelunasan. Seringkali di tengah jalan Anda bisa mendapat penghasilan extra yang bisa Anda gunakan untuk melunasi pinjaman. Saat itu terjadi, Anda akan tertawa, kredit rumah ternyata tidak seseram yang di bayangkan, bisa – bisa Anda malah langsung merencanakan membeli property kedua.
 
Tentang membeli property, seperti kata sebuah nasihat investasi, bukan tunggu untuk membeli property, tapi belilah property dan tunggu. Yang namanya millenial muda itu hanya sementara, nanti pun akan jadi tua juga. Tak ada pesta yang tak usai. Beli sekarang atau beli nanti pada akhirnya akan harus beli juga, bedanya, sekarang ada kesempatan untuk membeli dengan harga murah, sementara nanti, harga akan makin tinggi. Jadi, kapan waktu terbaik untuk membeli property..? Waktu terbaik itu adalah hari ini..!
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *