Salah satu sumber daya produksi yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis adalah tanah. Bila Anda adalah perusahaan manufaktur tentu Anda membutuhkan tanah untuk membangun Pabrik Anda. Membangun pabrik, Anda punya dua pilihan, apakah dibangun di dalam kawasan, atau di luar kawasan industri, istilah kerennya “stand alone”. Jika membangun di dalam kawasan, biasanya pemilik kawasan sudah membagi tanah untuk membangun pabrik. Tanah di dalam kawasan inilah yang biasa disebut Kavling Industri. Di Palembang,  kavling industri biasanya di tawarkan tidak di tengah kota Palembang mengingat padatnya pemukiman dan faktor kemacetan. Bila di bangun di tengah kota tentu akan menyebabkan masalah sosial yang tinggi. Kavling industri favorite saat ini rata rata di bangun di kawasan Tanjung Api Api, sekitar 10 menit dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Untuk info Kavling Industri Palembang yang Anda butuhkan, silakan contact agen property spesialis Kavling Industri di Palembang :

WANDI 0811787100

Wandi akan memberikan Anda informasi komprehensif seputar Kavling Industri di Palembang / Kavling Industri Tanjung Api Api yang Anda butuhkan, berapapun besarnya. Sudah banyak perusahaan yang dibantu Wandi untuk pengadaan Kavling Industri di Palembang yang dibutuhkan.

Di bawah ini ada artikel menarik yang kami sadurkan dari berbagai sumber untuk memberikan tambahan informasi seputar memilih Kavling Industri di Palembang, selamat membaca.


Investasi properti memang menguntungkan. Mengingat harga properti sudah pasti naik setiap tahunnya seiring dengan kenaikan inflasi. Bisnis properti sudah menjadi sasaran empuk bagi para investor untuk dijadikan sebagai ladang pengais keuntungan yang besar. Namun, kenali lebih lanjut, ternyata jual beli properti tidak semudah yang dibayangkan, termasuk tanah kavling di Palembang.

Beli  Kavling Industri Palembang

Mengingat kavling industri bukanlah sumber pendanaan yang bersifat liquid, bila sudah dibeli tak mudah dijual kembali dengan cepat. Apalagi jika Anda ingin mendapatkan uang tunai dengan segera, mesti jual di bawah harga pasar. Karenanya, pelajari tata cara jual beli Tanah Kavling Industri di Palembang berikut ini, pahami dahulu keunggulan dan kelemahan dari memiliki tanah kavling.

Strategi Beli Tanah Kavling

Cermati berbagai strategi berikut ini dalam beli tanah kavling dengan cepat.

  • Jika ingin tanah kavling terbaik, carilah developer yang bisa memastikan legalitas tanah yang akan di jual, dan sebagai pembeli, pastikan juga bahwa tanah tersebut bersertifikat asli.
  • Coba Anda analisa lokasi tanah yang akan dibeli. Cari keunggulan apa saja yang dimiliki dari tanah kavling tersebut. Contohnya, kavling industri Anda dekat dengan fasilitas transportasi, daerah tengah kota, daerah strategis, dekat dengan pintu tol dan lain sebagainya. Pastikan bahwa itu akan menjadi kekuatan Anda untuk meyakinkan ke pembeli tanah kavling berikutnya, dan keunggulan ini mesti bisa memancing rasa ingin memiliki.
  • Bandingkan harga tanah kavling industri di daerah tersebut, apakah terlalu mahal atau bahkan sebaliknya.
  • Apabila membeli tanah kavling via agen properti, pastikan bahwa si agent mendapatkan hak pemasaran langsung dari pemilik, bukan dari makelar atau pihak tak jelas lainnya, agar informasi Valid dan Terpercaya.
  • Dapatkan informasi sejelas mungkin. Baca spanduk informasi tanah kavling di lokasi, seperti informasi luas tanah,  nama kontak agen yang bisa dihubungi agar memudahkan saat anda berminat.

 

Cara Memilih Tanah Kavling

Jika Anda berminat untuk bisnis investasi properti, simak beberapa tips untuk memilih lokasi tanah kavling yang bisa dijual kembali dengan cepat.

  1. Cari Lokasi Kavling Industri di Palembang yang Strategis

Jika Anda menginginkan keuntungan besar dan berlipat ganda, carilah tanah kavling yang berada di daerah strategis. Semakin bertambah tahun, seiring dengan inflasi meningkat, maka keuntungan Anda pun meningkat. Namun demikian, modal yang besar juga harus Anda persiapkan sebelumnya, ya!

  1. Membeli dari Developer Kavling Industri di Palembang yang Terpercaya

Belilah tanah kavling di sebuah cluster yang dibangun oleh pengembang yang baik.  Pengembang yang baik tidak hanya berupaya untuk menjual produk mereka, tetapi juga meningkatkan nilai dari produk mereka.

  1. Lihat Perkembangan Lingkungan

Lihat perkembangan lingkungan sekitar, terutama kiri kanan yang akan menjadi tetangga Anda nantinya. Jangan sampai Anda membangun pabrik yang sisi kiri dan kanannya kosong dalam waktu lama, karena pabrik Anda akan terlihat terpencil. Ini tentu tidak baik dari segi keamanan, sosial masyarakat, dan lain sebagainya.

  1. Fasilitas Penunjang Kavling

Ketersediaan fasilitas penunjang juga menjadi faktor yang akan meningkatkan keuntungan dari tanah kavling industri Anda. Pertimbangkan ketersediaan jaringan listrik, air bersih, jaringan telepon, fasilitas umum seperti dekat dengan jalan tol atau kendaraan umum serta pasar atau toko swalayan.

  1. Kelengkapan Surat dan Legalitas

Periksa legalitas sertifikat dan peruntukan lahan. Anda bisa cek ke tata kota, BPN, RT, RW, kelurahan dan kecamatan. Yang lebih penting lagi jangan sampai membeli tanah kavling industri yang sedang dalam sengketa.

Varian Kavling Industri Palembang untuk Investasi Properti

Sebagai investor properti, Anda perlu memahami jenis-jenis kavling berikut:

  1. Kavling yang Belum Berprospek

Jenis kavling industri ini memang cenderung lebih miring harganya. Namun jenis ini masih spekulatif karena tanah di kawasan ini masih berupa tanda tanya, apakah diperuntukan untuk kawasan industri atau pemukiman. Dengan kata lain, jenis tanah ini belum masuk dalam rencana tata ruang yang spesifik. Namun, jika prediksi Anda tepat jika kawasan tersebut akan dibangun pemukiman, pusat industri atau dilewati jalan besar (protokol) dan juga akan ada infrastruktur pembangunan, maka sudah dapat dipastikan bahwa harga tanah di kawasan tersebut akan semakin naik. Begitu juga sebaliknya, bisa jadi prediksi Anda meleset.

  1. Kavling Industri di Lokasi Strategis

Bila strategis tentu harga kavling industri di kawasan tersebut tinggi. Hal ini dikarenakan lokasi yang dekat dengan pusat kota, akses jalan raya, dan juga transportasi yang sudah memadai, termasuk infrastruktur pembangunan yang sudah baik. Jika Anda ingin melakukan investasi di lokasi demikian, pasti Anda membutuhkan modal yang lebih besar.

  1. Kavling Industri Ideal

Rasio bentuk tanah yang ideal antara Panjang : Lebar  adalah 60:40 dengan bentuk yang segi empat, dan luas minimal 5000 m2.  Kavling Industri dengan ukuran seperti itu bisa dikatakan sempurna untuk didirikan sebuah pabrik. Dalam menentukan lokasi tanah yang bagus, ada patokan lain yang bisa menjadi pertimbangan, di antaranya adalah kemiringan tanah, kepadatan tanah, lingkungan sekitar dan lain sebagainya.

Keuntungan Investasi Tanah Kavling

Jika Anda ingin berinvestasi di kavling industri berikut ini beberapa keuntungan yang dapat menjadi pertimbangan sebelum Anda menginvestasikan uang.

  1. Adanya Capital Gain

Harga tanah pasti akan naik setiap tahunnya, sekitar 10 hingga 20%.  Inilah yang menjadi keuntungan bagi para investor properti tanah kavling. Biasanya keuntungan akan terasa setelah 5 tahun. Sangat disarankan untuk tidak menjual tanah kavling jika keuntungannya belum signifikan atau belum mencapai 5 kali lipat dari harga sebelumnya.

  1. Tidak Ada Biaya Perawatan

Karena masih dalam bentuk kavling, maka tidak ada biaya perawatan yang signifikan yang perlu Anda keluarkan. Tidak seperti investasi pada rumah kos atau apartemen yang harus mengeluarkan biaya operasional untuk perawatan properti yang bersangkutan.

  1. Ada Nilai Tambah Jika Dikembangkan

Keuntungan ini bisa diperoleh ketika kavling industri tersebut dikembangkan. Belakangan, banyak ditemukan pengembangan pergudangan dalam skala kecil yang dikemas dalam bentuk cluster diatas kavling industri. Jika lahan tergolong strategis, kavling tersebut bagus juga dijadikan gudang.

  1. Keuntungan Demand vs Supply

Persediaan tanah tidak akan bertambah, sedangkan permintaan pasti akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Peluang ini yang harus Anda manfaatkan jika ingin berinvestasi di properti terutama kavling industri. Semakin tinggi permintaan, maka semakin tinggi penawaran.

  1. Bisa Dialokasikan untuk Bisnis Lain

Sambil menunggu harga tanah naik, Anda bisa menggunakan kavling kosong itu untuk disewakan misal untuk parkiran truk, pool mobil, depo container. Jangan biarkan lahan kavling Anda menjadi lahan tidur dan tidak berkembang. Dengan demikian, Anda tetap mendapatkan keuntungan sambil menunggu keuntungan besar lainnya.

Kekurangan Investasi Tanah Kavling

Setiap jenis investasi tentu akan ada risiko atau kekurangan di samping keuntungan yang diberikan. Berikut ini kekurangan dari berinvestasi tanah kavling yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum melakukan investasi.

  1. Minim Income

Tidak seperti investasi properti lainnya, ruko atau apartemen, keuntungan dari tanah kavling agak minim bila hanya dalam bentuk lahan kosong saja. Untuk memanfaatkan lahan ini, Anda bisa membuat bisnis lainnya seperti pada poin di atas.

  1. Tidak Liquid

Aset berupa tanah kavling ini cenderung tidak liquid seperti emas, Artinya Anda tidak bisa meng-uangkan dengan mudah saat Anda butuh, Anda harus menunggu calon pembeli yang cocok membayar kavling industri Anda. Oleh sebab itu, properti sebetulnya tidak bisa dijadikan dana darurat karena sifatnya yang tidak liquid.

  1. Modal Besar

Mengingat volume pembelian besar, ribuan meter persegi, biasanya nilai transaksi Kavling Industri di Palembang bisa mencapai Milyaran, bandingkan membeli rumah atau kios yang ratusan juta pun sudah bisa dapat satu unit.

  1. Menguras Pengeluaran

Jika lahan Anda tidak dipergunakan secara produktif biasanya Anda tetap di tuntut membayar biaya pemeliharaan lingkungan oleh pengelola komplek, seperti iuran penjagaan, lingkungan, dan keamanan. Ada baiknya Anda juga membatasi atau memberi pagar sekeliling jika tanah tidak dipakai secara produktif, untuk menghindari pihak lain yang menggunakan secara tidak bertanggung jawab.

Cerdas dalam Berinvestasi Tanah Kavling

Sudah paham kan keuntungan dan kerugian dari berinvestasi kavling industri ? Jangan lupa mempertimbangkan informasi di atas agar Anda bisa memilih instrumen investasi properti yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda !


Menarik bukan informasi seputar kavling industri di Palembang yang kami sadur dari finansialku.com diatas..? Berikut ada artikel menarik lagi yang kami sadurkan dari www.moneysmart.id

Tipe Kavling Industri di Palembang

Setelah tahu patokan dalam memilih Kavling Industri, pertimbangan lainnya adalah melihat karakter Kavling Industri sesuai dengan letak dan posisinya terhadap lingkungan sekitar. Dalam buku “Menjadi Kaya melalui Properti” karya pengamat properti Panangian Simanungkalit, dibeberkan enam tipe Kavling Industri.

  1. Tipe kuldesak

Tipe kavling ini lokasinya di ujung jalan buntu. Sedangkan ke bagian belakang makin melebar. Terbilang cocok dibangun pabrik, meski nilai minusnya adalah area depannya sempit untuk lahan parkir.

  1. Tipe interior lot

Tipe Kavling Industri ini berada di tengah-tengah pabrik. Minusnya hanya memiliki satu pandang ke depan saja tapi bagus dari segi keamanan.

  1. Tipe corner lot

Sebutan lainnya adalah Kavling Hook atau di sudut. Lantaran di sudut, biasanya ada kelebihan tanah. Biasanya tipe kavling Industri ini banyak dimanfaatkan untuk tambahan parkir dan gedung karena ada kelebihan tanah

  1. Tipe intersection lot

Disebut juga sebagai tipe Kavling Industri tusuk sate. Nilai plusnya ada di pandangannya yang luas tapi dinilai kurang aman dari segi keamanan.

  1. Tipe key lot

Kavling Industri tipe ini berlokasi di tengah-tengah yang mengunci bangunan di sekelilingnya. Nilai lebihnya ada pada bentuknya yang memanjang ke belakang dengan area parkir yang  luas.

  1. Tipe flag lot

Dari istilahnya bisa ditebak bentuknya seperi bendera. Mirip huruf L, Tipe kavling ini tak cocok didirikan bangunan komersial.

Itulah informasi seputar kavling industri di Palembang. Setelah tahu patokan apa saja yang menjadi pertimbangan, sekarang saatnya berburu lokasi Kavling Industri dengan harga terbaik. Terbaik di sini pengertiannya lebih terjangkau. Tanah Kavling Tanjung Api – Api biasanya harganya masih feasible dan masuk akal.

Cermati dan ikuti pembangunan infrastruktur di sebuah kota. Contohnya,  pembangunan Outer Ring Roads, jalur Mass Rapid Transit (MRT), monorel, dan jalan layang.

Dan terakhir, berikut ada artikel menarik dari website emsland.co.id, selamat membaca..

TIPS MEMBELI KAVLING INDUSTRI DI PALEMBANG SECARA KREDIT

Apakah Anda sedang berencana untuk membeli tanah kavling industri secara kredit guna dipakai sendiri atau untuk investasi? Sebelum membeli, ada baiknya Anda memperhatikan serta mempertimbangkan beberapa hal. Membeli kavling industri menggunakan kredit dari bank tidak diizinkan oleh OJK bila tidak dibangun, tapi bila dibangun jadi pabrik, boleh.

Nah, agar Anda lebih cermat dan teliti dalam pembelian kavling industri yang Anda butuhkan, serta menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Sebaiknya Anda membaca dan mencermati informasi mengenai tips membeli tanah kavling secara kredit berikut ini. Silahkan disimak dan semoga bermanfaat.

  1. Periksa sertifikat tanah

Sertifikat merupakan dokumen yang amat penting dalam dunia jual-beli tanah. Untuk itu Anda wajib mengetahui sertifikat kavling industri yang hendak Anda beli. Pertama, usahakan kavling industri tersebut sudah bersertifikat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, lalu kedua tanyakan apakah sertifikat tanah sudah berupa Sertifikat Hak Milik (SHM) atau masih HGB (Hak Guna Bangunan).

Jika masih berupa HGB, sebaiknya Anda bertanya kepada penjual atau developer terkait siapa yang harus menanggung biaya bila ingin ditingkatkan haknya menjadi SHM.

  1. Pastikan pemegang hak tanah

Membeli kavling industri tanpa mengetahui siapa pemegang haknya bisa menjadi kesalahan yang cukup fatal. Karena dengan begitu Anda akan rawan tertipu dan menyesal kemudian hari. Untuk itu, pastikan si penjual merupakan pemegang hak tanah tersebut. Anda dapat mengetahuinya dengan cara meminta penjual untuk menunjukkan sertifikat baik yang asli maupun copy-annya.

Telitilah ketika melihat sertifikat tersebut. Pastikan nama yang tertera adalah nama dari penjual. Jika nama yang tertulis merupakan nama orang lain. Anda patut berhati-hati dan mempertimbangkan kembali agar tidak rugi di kemudian hari.

  1. Tanya ke Bank Penyedia Kredit

Anda juga perlu bertanya kepada Bank, dalam hal ini adalah bank yang bekerja sama dengan developer penjual tanah tersebut. Tanyakan apakah bank tersebut mendukung kredit pembelian kavling industri untuk dibangun kembali.

  1. Ketahui status sertifikat

Anda harus tahu terkait status sertifikat tanah tersebut, apakah masih sertifikat induk atau sudah dipecah. Jika masih berupa sertifikat induk berhati-hatilah, baiknya anda memastikan pemecahannya, sehingga tanah kavling sudah memiliki sertifikat masing-masing mulai dari tanah pertama sampai yang terakhir.

  1. Cek keabsahan sertifikat

Lakukan klarifikasi atau pengecekan keabsahan sertifikat tanah BPN via notaris dengan membawa fotokopian sertifikat tersebut.

  1. Sesuaikan dengan kemampuan anda

Yang terakhir sesuaikan dengan kemampuan finansial anda. Perkirakan dan lihat lamanya proses perkreditan, jangan sampai Anda tidak mengestimasi waktu dan biaya sehingga proses pembayaran menjadi terhenti di tengah jalan. Hal ini membuat urusan menjadi semakin rumit.

Demikian uraian tentang tips-tips sebelum membeli  kavling industri secara kredit. Semoga Anda jadi lebih cermat.


Untuk informasi seputar Kavling Industri Palembang dan Kavling Industri Tanjung Api Api, silakan hubungi agen properti spesialis kavling industri :

WANDI 0811787100